Tentang FAM dan Pertanyaan Seputar FAM (Fibroadenoma)

>> Minggu, 20 Juni 2010

http://images.detik.com/content/2009/07/01/770/look_mirror.jpgFibroadenoma (FAM) adalah suatu bentuk penyimpangan atau kelainan yang berhubungan dengan pengembangan dan penyusutan payudara yang dikenal sebagai ANDI (Aberration of Normal Breast Development and Involution). Bentuk lainnya adalah tumor filodes, nipple discharge, mastalgia, kista dan kelainan fibrokistik yang dulu disebut sebagai mammary displasia.

Dulu FAM dikenal sebagai neoplasma jinak (tumor yang terdiri dari jaringan baru abnormal, tumbuhnya berkelebihan, tidak terkoordinasi, dan tumbuh terus walaupun rangsangan yang menyebabkannya sudah berhenti).


FAM tumbuh dari lobulus yang terlihat sebagai butir 3 gambar anatomi payudara. Stroma atau jaringan ikat yang membentuk tumor terdiri dari sel yang teratur.

Anatomi Payudara
Anatomi Payudara

PENAMPILAN.
1.  Kenyal, berbatas tegas dan mobil.
Stroma membuat ia berbentuk tumor yang kenyal, berbatas tegas dan mobil atau mudah bergerak.
2.  Tidak nyeri
Nyeri jarang dijumpai karena ia adalah bersifat setempat di lobulus berbeda halnya dengan nyeri bulanan setiap mens karena penegangan masif payudara. Keadaan ini pula yang membuat ia tidak terpengaruh oleh siklus mens.
3.  Dapat multipel di kedua payudara
Berasal dari lobulus yang terdapat di seantero jaringan payudara, ia dapat ditemui multipel atau lebih dari satu baik di payudara kanan atau kiri.

Pemeriksaan
Pemeriksaan penunjang yang lazim dilakukan adalah USG (ultrasonografi.

Ultra Sonografi (USG)
USG diperlukan untuk melihat:
1.  Apakah tumor itu padat atau berisi cairan. Jila padat mungkin FAM,  jika cair mungkin kista.
2.  Berapa banyakkah tumor curiga FAM itu di kedua payudara pasien?
Pemeriksaan USG tidak wajib karena kedua hal itu bisa ditentukan dengan pemeriksaan fisik.

Mamografi
Mamografi hanya dilakukan bila pasien curiga FAM itu ber usia di atas 50 tahun.

Pengobatan
Yang perlu diketahui adalah FAM adalah suatu penyimpangan yang tidak memerlukan pengobatan. Apalagi jarang sekali kanker payudara dapat muncul dari FAM, dan seandainya terjadi maka derajat keganasan kanker itu akan jauh lebih ringan dari biasanya.
Satu-satunya cara untuk memastikan adalah mengambil sampel tumor dengan biopsi.

Biopsi dan Eksisi
Ada dua cara yaitu pengambilan dengan jarum suntik atau eksisi, pengangkatan keseluruhan tumor. Dua-duanya mengandung manfaat dan mudarat masing-masing.

Biopsi jarum biasanya dilakukan bila tumor yang kecil dari 4 cm. Bila memang FAM maka pasien harus dapat hadir untuk pemeriksaan berkala setiap 6 bulan. Bila FAM bertambah besar diperlukan eksisi.

Eksisi dapat dilakukan pada semua tumor curiga FAM. Bila memang FAM, pengobatan selesai dan pasien tidak perlu datang untuk pemeriksaan berkala.

10 Pertanyaan Seputar FAM (Fibroadenoma)
1. Apakah FAM itu tumor?
Secara umum FAM itu adalah tumor yang berarti benjolan seperti halnya dengan benjol di kepala karena terantuk yang juga disebut tumor. Namun secara onkologi (cabang ilmu kedokteran yang mempelajari perihal kanker), tumor adalah neoplasma atau suatu pertumbuhan baru yang liar, menembus jaringan sekitarnya malah dapat menyebar ke aliran darah.. Bedakan dengan kuku ataupun rambut yang juga tumbuh, teratur sesuai dengan jalurnya.
Dalam hal ini FAM bukanlah neoplasma tetapi merupakan penyimpangan atau kelainan dalam perkembangan payudara.

2. Apakah perlu operasi?
Bila sudah pasti FAM maka operasi tidak diperlukan hanya saja untuk memastikannya memang diperlukan untuk memastikannya.

3. Kenapa FAM masih tumbuh bila sudah operasi?
FAM adalah penyimpangan dari perkembangan payudara jadi selama itu ia masih bisa tumbuh. Operasi hanya untuk memastikan diagnosa dan bukan untuk menyembuhkan.

4. Bila sudah operasi dan hasilnya FAM, bila tumbuh lagi apakah perlu operasi?
Memang sebaiknya begitu

5. Apakah bisa dipastikan tanpa operasi misalnya dengan USG?
USG hanya bisa membedakan apakah tumor itu padat atau berisi cairan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan jaringan yang dilakukan oleh dokter ahli patologi.

6. Bagaimanakah pencegahannya?
FAM tidak bisa dicegah karena ia berhubungan dengan pertumbuhan payudara.

7. Adakah makanan yang tidak boleh dimakan?
Semua makanan bebas untuk dimakan asal jangan berkelebihan.

8. Apakah FAM bisa menjadi kanker payudara?
Kanker adalah neoplasma (pertumbuhan baru yang liar) yang bersifat ganas karena dapat menyebar melalui darah. FAM adalah penyimpangan dari pertumbuhan normal payudara. Karena itu FAM tidak akan berubah sifat menjadi kanker. Namun kanker dapat tumbuh dimana saja termasuk di sekitar FAM. Karena itu pula kita harus yakin bahwa tumor itu adalah FAM.

9. Apakah ada bakat keturunan?
Tidak. FAM bukan penyakit yang diturunkan. Hanya karena sama-sama (ibu dan anak) mengalami pertumbuhan payudara maka ibu seperti halnya dengan anak perempaunnya dapat menderita FAM.

10. Kalau tidak bisa maka dicegah apa yang harus dikerjakan?
Waspada. Periksalah payudara secara berkala setiap bulan dan apabila ada kelainan segera periksakan ke dokter. 


Source: suaradokter.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP