Menu Makanan Penghilang Rasa Lelah

>> Sabtu, 05 Juni 2010

Makanan yang dikonsumsi sepanjang hari memengaruhi tingkat energi Anda. Jadi, untuk mempertahankan stamina, ada baiknya mengonsumsi makanan yang tepat dan di saat yang tepat. Berikut beberapa makanan pembasmi capek yang bisa menjadi pilihan Anda.

Oatmeal (tepung havermot) dengan putih telur
Anda memerlukan beberapa makanan pembasmi lelah untuk memulai hari dan memastikan Anda mempunyai persediaan energi cukup sepanjang pagi. Dan paduan tepung havermot dengan putih telur merupakan pilihan yang tepat.

Oat (tepung havermot) dicerna secara lambat di dalam tubuh, sehingga makanan ini akan dipecah seiring waktu, bukan pada saat bersamaan. Selain itu, putih telur menyediakan protein ke dalam makanan Anda. Protein ini selanjutnya akan mengurangi pelepasan glukosa ke dalam darah dari oatmeal.

Crackers gandum dengan selai almond
Begitu mendekati siang, Anda memerlukan asupan makanan untuk menjaga kadar energi sepanjang pagi menuju siang. Untuk mencegah penurunan energi dan semangat menjelang siang, cobalah mengisi tangki bahan bakar Anda dengan makanan pembasmi lelah seperti crackers gandum dilapisi selai almond. Crackers gandum juga dicerna secara lambat dan merupakan kudapan sehat penyedia energi tahan lama.

Salmon spinach salad dengan apel
Hendak makan siang? Makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein merupakan pilihan yang tepat. Banyak orang kelebihan karbohidrat, yang memicu penurunan energi signifikan. Jika masih menginginkan makanan setelah makan siang, berarti Anda kelebihan karbohidrat.

Cobalah beralih ke makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon panggang. Sajikan dengan bayam, yang kaya besi. Dan karena masih memerlukan karbohidrat, tambahkan apel sebagai makanan penutup. Kandungan serat dalam buah ini akan memperlambat pelepasan gula ke dalam darah. Hal ini akan mengurangi kejadian capek.

Protein shake dan pisang
Sekitar setengah jam sebelum menyelesaikan pekerjaan dan berencana pergi ke gym, tiba waktunya mengonsumsi protein dengan sedikit karbohidrat. Bergantung pada strategi diet Anda, Anda bisa memasukkan setengah cangkir oat ke dalam shake untuk mendapatkan karbohidrat yang dicerna lebih lama. Pasangkan dengan pisang untuk sumber karbohidrat cepat. Selain itu, pisang juga kaya kalium, membantu otot-otot siap beraktivitas.

Steak dengan beras merah bumbu cabai
Untuk makan malam, Anda tidak perlu menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. Anda tetap memerlukan karbohidrat untuk meningkatkan penyimpanan energi oleh otot. Triknya adalah memilih karbohidrat yang lebih kompleks, sehingga tidak menyebabkan kenaikan dan penurunan tajam kadar gula darah. Kenaikan dan penurunan tajam seperti ini bisa memicu keletihan.

Beras merah dipadukan dengan sumber protein rendah lemak, seperti steak, merupakan pilihan yang tepat. Steak akan menambah besi, yang penting untuk menjaga kadar sel-sel darah merah. Sajikan dengan cabai merah untuk menambah asupan vitamin C. Vitamin C meningkatkan penyerapan besi dari makanan. Hal ini berfungsi melawan capek sesudahnya.

Shake kaya protein
Sebelum tidur, jangan lupa memberi makan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan tetap memiliki nutrisi dalam sistem sebelum Anda memasuki masa tujuh hingga delapan jam puasa. Fokuslah pada sumber makanan rendah karbohidrat dan kaya protein sehingga asam amino bisa digunakan untuk perbaikan jaringan. Hal ini akan membuat Anda terbangun dalam keadaan segar dan siap untuk menghadapi hari.

Padukan setengah cangkir cottage cheese bersamaan dengan satu sendok bubuk protein kasein untuk mendapatkan protein yang dicerna dengan lambat. Tambahkan satu sendok makan selai kacang dan setengah pisang untuk memperkaya rasa dan menambah asupan lemak sehat.


Source: mediaindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP