Forum Konsultasi Kandungan dan Kebidanan

>> Sabtu, 05 Juni 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
Forum konsultasi yang berkaitan dengan Kandungan dan Kebidanan.

Silahkan ajukan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah ini. Kami akan menjawab dengan tepat, cepat dan akurat. Terima Kasih

42 komentar:

Anonim 11 November 2010 pukul 10.34  

dok..varises d kaki bisa d atasi dengan akupuntur ga ya? kalo masalah varises sebaiknya saya konsultasi dgn dokter bid apa ya? karena teman saya ada yg k dr.tulang

Unknown 7 Januari 2011 pukul 11.41  

Siang dokter sy mau tanya sy kmrn KB suntik yg 3 bln selama hampir 5 than nah skrg sy sdh tdk KB hmpr 2 than tp smp skrng koq blm dikasih keturunan lagi ya tp selama KB smp skrng sy jarang dpt haid yg teratur....apakah sy blm subur atau bagaimana dokter tlng dijawab ya.....mksh bnyk sblmnya

ita 16 Januari 2011 pukul 17.01  

apakah penyebab myom dan bagaimana pengobatannya, apakah ada efek negatif jika meminum obat penahan nyeri setiap bulan, terimakasih

Anonim 13 Maret 2011 pukul 07.27  

saya ibu rumah tangga usia 26thn,sudah punya anak 1,saya ikut KB suntik yg 1bulanan selama 14bulan tapi tidak menstruasi dan saya sudah tidak ikut KB selama 3bln,g hamil yang saya tanyakan kenapa sampe sekarag kok blm menstruasi?makasih sebelumnya

Adiet 8 April 2011 pukul 08.58  

Pagi Dok, saya punya seorang putri yang kini beranjak dewasa, usia 24 tahun, ganjalan kami adalah putri kami tersebut hingga kini belum pernah mendapat siklus menstruasi, sebetulnya kelainan apa ini ya Dok, mohon penjelasan sedetail-nya ya Dok...

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 10.41  

salam bapak adiet,,
Dari keluhan putri bapak saya turut prihatin dan semoga bapak dan sekeluarga bs menerima keadaan ini dgn sabar dan lapang dada.

Tidak mengalami menstruasi sejak masa pubertas hingga dewasa, bisa dikategorikan sebagai amenorea primer. Gangguan hormon seksual ini terjadi karena masalah genetik yg diturunkan.

"Bisa jadi sperma dan sel telur anda dan istri baik-baik saja. Tapi, ketika sperma dan sel telur bertemu dan memulai pembelahan sel, terjadilah gangguan krn suatu hal.

Belum diketahui apa yang menyebabkan gangguan pembelahan sel ini. Hormon seksual kedua orangtua bisa saja normal, tapi bisa jadi mereka adalah carrier atau pembawa gen yang bermasalah. "Jadi mungkin saja yang bermasalah dengan hormon adalah kakek buyutnya dan gen tersebut terbawa pada tiap keturunannya. Kelainan tersebut tidak selalu muncul, mungkin baru muncul di keturunan yang kesekian generasi.

Itulah sebabnya mengapa seorang perempuan tidak haid atau tidak tumbuh payudaranya hingga usia dewasa. Jika menstruasi tidak terjadi, pertumbuhan payudara pun bisa terhambat.

Tidak menutup kemungkinan pula masalah tersebut berkaitan dengan adanya kromosom pria yang lebih dominan ketimbang kromosom perempuan. "Jadi setelah dilakukan pemeriksaan fisik terlihat adanya kelainan bawaan pada sistem kelamin, seperti tidak memiliki rahim ataupun vagina. Bisa juga adanya sekat pada vagina dan serviks yang sempit.

Belum ada pengobatan yg signifikan mengenai ganguuan genetik semcam ini, berikanlah pengertian pd putri anda agar dpt menerimanya dgn lapang dada. Jika anda ragu cobalah utk memeriksakan putri anda pd dokter ahli kandungan dan kebidanan.

terima kasih,,

dr. wahyu triasmara

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 11.26  

Anonim 13 Maret 2011 07:27

saya ibu rumah tangga usia 26thn,sudah punya anak 1,saya ikut KB suntik yg 1bulanan selama 14bulan tapi tidak menstruasi dan saya sudah tidak ikut KB selama 3bln,g hamil yang saya tanyakan kenapa sampe sekarag kok blm menstruasi?makasih sebelumnya

jawab:

Memang salah satu kelemahan dari pemakaian suntik KB adalah tidak dapat menstruasi. Itu merupakan resiko dari salah satu mekanisme / cara kerja dari suntik KB itu sendiri, yaitu meniadakan keluarnya sel telur dari indung telur.

Salah satu efek samping alat kontrasepsi atau KB suntik adalah gangguan siklus haid. Seperti, menstruasi atau haid tidak teratur atau berhenti sama sekali (amenorhea). Siklus haid akan kembali normal setelah 3 - 6 bulan penggunaan KB suntik dihentikan. Pada beberapa ibu bahkan bisa berlangsung lebih lama lagi. Untuk mengatasi siklus haid tidak teratur, dokter kandungan biasanya akan memberikan pengobatan khusus. Jadi ibu tidak perlu terlalu kawatir, sebaiknya segera konsultasikan pd dokter ahli kandungan terdekat ya.


terima kasih,

dr. wahyu triasmara

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 12.19  

ita 16 Januari 2011 17:01

apakah penyebab myom dan bagaimana pengobatannya, apakah ada efek negatif jika meminum obat penahan nyeri setiap bulan, terimakasih

Jawab:

Mioma uteri adalah tumor jinak pada daerah rahim atau lebih tepatnya otot rahim dan jaringan ikat disekitarnya. Pada beberapa kepustakaan disebutkan, mioma uteri juga sering disebut dengan Leiomioma, Fibromioma atau Fibroid, hal ini mungkin karena memang otot uterus atau rahimlah yang memegang peranan dalam terbentuknya tumor ini.

Penyebab pasti dari mioma sampai detik ini belum diketahui dengan pasti, tetapi diduga ada peranan hormon estrogen yang berperanan disamping faktor keturunan. Beberapa ahli dalam penelitiannya menemukan bahwa pada otot rahim yang berubah menjadi mioma ditemukan reseptor estrogen yang lebih banyak daripada otot rahim normal.

Pengobatannya bagaimana? Pada mioma kecil dan tidak menimbulkan keluhan, tidak diberikan terapi, hanya perlu diamati tiap 3 – 6 bulan untuk menilai pembesarannya. Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu. Sayangnya pada beberapa pasien atau sekitar 15 – 40% terjadi kekambuhan setelah dilakukan miomektomi atau pengangkatan mioma dan 2/3-nya memerlukan pembedahan lagi.

Penggunaan obat antinyeri dalam waktu lama selain dapat menyebabkan peradangan pd lambung (maag), jg beresiko mengganggu kerja ginjal anda. Sebaiknya konsultasikan lbh lanjut pd dokter ahli kebidanan terdekat utk terapi terbaiknya.

terima kasih,

dr. wahyu triasmara

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 13.03  

liston 7 Januari 2011 11:41

Siang dokter sy mau tanya sy kmrn KB suntik yg 3 bln selama hampir 5 than nah skrg sy sdh tdk KB hmpr 2 than tp smp skrng koq blm dikasih keturunan lagi ya tp selama KB smp skrng sy jarang dpt haid yg teratur....apakah sy blm subur atau bagaimana dokter tlng dijawab ya mksh bnyk sblmnya.

jawab:

Memang benar salah satu efek samping alat kontrasepsi atau KB suntik adalah gangguan siklus haid. Seperti, menstruasi atau haid tidak teratur atau berhenti sama sekali (amenorhea). Siklus haid akan kembali normal setelah 3 - 6 bulan penggunaan KB suntik dihentikan. Pada beberapa ibu bahkan bisa berlangsung lebih lama lagi. Untuk mengatasi siklus haid tidak teratur, dokter kandungan biasanya akan memberikan pengobatan khusus. Jadi ibu tidak perlu terlalu kawatir, sebaiknya segera konsultasikan pd dokter ahli kandungan terdekat ya.

dr. wahyu triasmara

Konsultasi Dokter 25 Juni 2011 pukul 14.06  

Anonim 11 November 2010 10:34

dok..varises d kaki bisa d atasi dengan akupuntur ga ya? kalo masalah varises sebaiknya saya konsultasi dgn dokter bid apa ya? karena teman saya ada yg k dr.tulang.

jawab:

Pengobatan varises bermacam-macam. Jika masih tergolong ringan, biasanya dokter akan menyuntikkan suatu zat dalam volume kecil ke dalam pembuluh darah yang membesar tersebut untuk mengempiskannya. Tapi jika masuk kategori berat, biasanya diperlukan tindakan bedah oleh dokter ahli bedah torakokardiovaskular atau jantung pembuluh darah.

Bisa saja varices diobati dgn akupunktur tp sebaiknya, sebelum melakukan pengobatan sendiri, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan menentukan apakah varises yang Anda miliki tergolong ringan, sedang atau bahkan parah. Karena pengobatan sendiri tanpa mengetahui secara pasti tingkat keparahannya, tidak akan terlalu banyak berarti dalam penyembuhannya. Sayang kan, uang Anda telah banyak terbuang untuk membeli obat yang ternyata malah tidak berdampak apa-apa pada varises Anda.

Unknown 27 September 2011 pukul 08.59  

selamat pagi dokter, istri sy sekarang lg bingung dan gelisah, karena td pagi tespack urine ternyata positip, pdhl anak kedua kami baru berumur 7bulan dengan melahirkan secara Cesar, kedua anak kami lahir secara operasi secar, amankah kehamilan yg ketiga setelah 2x melahirkn SC,sdgkan anak kedua br brumur 7bln,makasih dok..
nb:( Menstruasi terakhir tgl 20 Agustus selesai tanggal 27 Agustus, melakukan hubungan antara tgl. 29-30 hanya sekali itu, karena sy kerja diluar jawa,makasih dok.)

eka 24 Oktober 2011 pukul 14.28  

salam,
dok....saya lepas kb suntik sudah 1 tahun, dan ingin tambah momongan lagi, apakah mengonsumsi obat yang mengandung asam folat sebelum hamil tidak berbahaya??? trims

Anonim 31 Oktober 2011 pukul 15.21  

salam, dok mengkonsumsi asam volat sebelum hamil berbahaya gak???? trims

Anonim 18 Januari 2012 pukul 10.53  

pagi dok,,
mohon penjelasannya, istri saya sekarang usia kehamilan 35 minggu,, anak kedua. kehamilan anak pertama lahir normal, spontan, anak pertama 3100gram. kemarin di cek di lab positif protein satu, tensi 100, istri sya memang dari awal kehamilan telah memiliki keluhan batu ginjal, pertanyaan saya adalah :
1. Apakah positif 1 di urine itu bagian dari indikator fix bahwa istri saya PEB ringan?
2. Saya juga mendapatkan info kalau batu ginjal lah yang menyebabkan munculnya protein positif satu tersebut, jadi apakah itu benar ?

terimakasih untuk penjelasannya dokter.

fitrie 27 Januari 2012 pukul 17.46  

assalamuallaikum dok,
dok saya fitri 18 tahun saya mengalami gatal di bagian vegina sudah 3 bulan tak kunjung sembuh sudah berobat ke 3 dokter,mulanya dari keluar keputihan yg bnyak tapi sudah seminggu ini keputihan itu berkurang tapi gatal itu masih ada dan selalu mengganggu aktivitas saya yg tidak tertahan rasa gatalnya,cara mengatasinya bagaimana ya dok...??

Terimakasih

Yuniar 11 Juli 2012 pukul 22.46  

malam dok, saya mau tanya. sejak 2 tahun lalu saya mengalami gangguan haid yaitu selalu merasakan sakit ketika hari pertama haid tetapi waktu haid menjadi teratur.
masalah yang lain adalah darah haid saya keluar deras selama dua hari, hari berikutnya hanya flek atau kalaupun keluar hanya sedikit saja.
kira-kira ini kenapa ya dok?
kemudian agar saya normal lagi bagaimana caranya dok?
saat ini saya berumur 23 tahun.
mohon jawabanya dok.
terima kasih

Anonim 9 Agustus 2012 pukul 19.12  

dok, saya berusia 48 tahun, sudah cukup lama saya merasakan seperti ada yang keluar atau mengganjal di vagina saya apabila sedang BAB. selain itu kalau saya mengangkat barang yang berat berat perut terasa sakit. apa itu di sebut turun peranakan ya? mohon jawabannya ya dok
trims....

Anonim 25 Oktober 2012 pukul 14.06  

adakah yg perlu di khawatirkan ketika diTrisemester awal kehamilan, janin belum teraba, kbtulan blum lakukan USG. Thanks

Anonim 26 Desember 2012 pukul 14.52  

Dokter,saya wanita berumur 25th dan sedang hamil 9 minggu sekarang, yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya boleh naik pesawat (perjalanan sekitar 1 jam dan disambung naik mobil sekitar 2 jam sampai di tujuan) sedangkan saya punya riwayat pernah keguguran 2x sebelumnya yaitu pd usia kandungan 5bulan dan yg kedua sekitar 5-6 minggu?Terima kasih atas jawaban dokter.

Anonim 28 Desember 2012 pukul 14.46  

Dok, saya pernah melakukan hubungan tanggal 22 September, kemudian saya mens tanggal 28 September - 7 Oktober...
Setelah itu saya tidak mens lagi sampai sekarang...
saya sudah coba menggunakan tespeck berkali kali tapi selalu negatif...
tidak ada tanda2 kehamilan dini...
mohon pemcerahannya

Unknown 2 Januari 2013 pukul 15.38  

Dokter, saya ibu beranak dua.Tahun lalu bulan oktober 2011 saya melahirkan anak kedua. setelah 39 hari dari melahirkan, saya memutuskan untuk menggunakan IUD. dan status saya sampai saat ini masih aktif memberikan asi ke anak saya ketika saya pulang kerja hingga anak saya berumur 1 tahun 2 bulan. Tetapi saat ini saya belum mendapatkan menstruasi. apakah kondisi saya ini normal atau bagaimana dokter? terimakasih.

Anonim 8 Januari 2013 pukul 21.38  

malam dok,saya mau bertanya. saya perempuan usia 18 tahun. belakangan ini, haid saya mencapai 14 hari,padahal biasanya 8-9. haidnya seringkali tiba2 banyak sekali, tiba2 sedikt, sehingga membuat saya tidak tenang. apalgi, hal ini sudah terjadi beberapa kali. kira2 obat apa yang perlu saya minum untuk membuat haid teratur dan tidak banyak lagi? karena sy sudah diberi calnex, mefinal, tp tetap saja tidak berpengaruh banyak. sy jg sdh memeriksakan ke dokter kandungan, dan merka blg saya tidak ada mslh dgn rahim.

Anonim 28 Januari 2013 pukul 10.20  

saya diah seorang ibu..umur saya 22 tahun saya minum pil KB andalan laktasi...yang saya mau tanyakan kenapa jika malamnya saya berhubungan suami istri paginya saya mengeluarkan darah...mohon penjelasannya dokter..terimakasih

prita amelia 6 Februari 2013 pukul 20.42  

hallo dok..
nama saya prita amelia.. saya wanita umur 25th.. mengalami keguguran pada masa kehamilan 12mgg atau 3 bulan.. dan sampe sekarang saya masih sering mengalami pendarahan.. pendarahan terakhir saya tidak ada tanda2 apa2.. sebelum a saya sering mengalami nyeri di sekujur tubuh saya.. n ada terasa gejolak - gejolak di dalam perut saya dan keluar gumpalan.. bahkan 3 hari lalu saya pendarahan.. dan darah yang keuar bewarna coklat kehitaman dgn bau yg tidak enak.. nahh yg keadaan saya yg terakhir atau sampai saat ini saya sering mengalami pusing ketika saya coba untuk berdiri.. sesak nafas banget.. dan gak bisa untuk ngapa2in.. saya mohon pencerahan dan solusi a dok..
terimakasih dok..

Anonim 7 Februari 2013 pukul 21.07  

slamat mlm dok,sya dri kalteng sya mau k0nsultasi mengenai kandungan sya,beberapa d0kter bilang kal0w saya hamil tapi ketika saya tes pek,hasil nya slalu negatif akhir nya sya ptskan untk usg,dan hasil nya sya hamil,yang ingin sya tnya kan kenapa kalau sya bnar2 hmil knpa saat tes pek hsil nya slalu negatif?Trimakasih

Anonim 21 Februari 2013 pukul 19.50  

salam dokter
saya wanita 22tahun tapi payudara saya sangat kecil atau bisa dikatakan tidak mengalami pertumbuhan seperti ukuran normal wanita seumuran saya tp menstruasi saya lancar. apa yang harus saya lakukan dok?? apakah ada tindakan selain operasi??

Unknown 26 Februari 2013 pukul 10.47  

dok mungkin kah hamil jika berhubungan 1 hari setelah menstruasi selesai?

Anonim 4 Maret 2013 pukul 11.01  

dok,jika saya hanya 1 kali suntik kb 1 bulan, kapankah masa subur saya bisa kembali?
terimakasih dok..

Anonim 12 Maret 2013 pukul 11.02  

dok,saya sudah menikah 3.5 bulan,tapi belum hamil..,sekarang saya lagi dalam masa subur dan kemarin kami melakukan hubungan tiba2 saat penetrasi mr.p suami dilumuri lendir putih menggumpal kecil,bahkan ada buihnya.....apakah ini keputihan yang tidak normal atau bagaimana dok.....,hal ini terjadi saat terangsang dan melakukan hubungan dan baru kali ini....

Unknown 14 April 2013 pukul 19.45  

Assalamu'alaikum...malem Dok..?
saya seorang wanita,umur 24 th,..saya sudah menikah..!
saya ingin bertanya apakah normal kalo sudah berhubungan intim saya suka merasakan sakit di bagian perut bawah sebelah kiri???Apakah ada apa-apa atau tidak..?
sepuluh bulan yg lalu saya pernah mengalami keguguran dan diambil tindakan kuretase..!

Anonim 16 April 2013 pukul 16.40  

riwayat ibu hamil LMR itu maksudnya apa ya?
LMR itu singkatan dari apa dok ?

Unknown 3 Mei 2013 pukul 12.34  

siang dok .........
saya mau tanya tentang kehamilan istri saya yang sudah beranjak usia kandungan 8 bulan. setelah melakukan tindakan USG di salah satu rumah sakit istri saya dikejutkan dengan keterangan dokter dengan hasil USG nya yaitu bagian kepala yang tidak sempurna namun untuk bagian lainnya sempurna, mohon pencerahannya dokkk...... apakah ada upya untuk melakukan penyempurnaan pada bagian kepala termasuk lehernya.

terima kasih,

waluyo

Anonim 13 Mei 2013 pukul 22.22  

dok,sy wnita 27th tlh mnikah 2th blm miliki momongan,
1) stelah slesai berhub sperma sllu kluar lagi dri vagina sesudh 15 m3nit ada didlm, apakah itu normal ???
2) sejak remaja sy keputihan wrna kuning kadang berbau kadang tidak (bening),
3) bagian pinggul belakang diatas belahan pantat sering terasa nyeri skali,
4)perut bagian bawah dibwah pusar juga sering nyeri hebat sampai terasa kram tdk bs gerak,..
5)trkadang terssa nyeri di vagina stelh berhub..
Tolong bantu dok, apa yg sy alami normal ataukah sy mengidap pnyakit trtentu ??????
kami ingin segera punya momongan...
apa yg hrs kami lakukan ????
trims ya dok

dhe 4 Agustus 2013 pukul 22.23  

Dok, sejak saya berhenti kb suntik yg 3bln, datang bulan saya jd tidak teratur..apakah itu krn masih ada efek Kb..obat ap yg harus saya gunakan dok? Trimakasih..

Anonim 6 September 2013 pukul 10.05  

Met pagi dok, saya arista dari pasuruan & saat ini saya sedang hamil 8 bln . yg mau saya tnykan adl :
1. Sudah 1 mgg ini di celana dlm sy ada cairan encer berwarna agak kehijauan, apa itu air ketuban yg merembes???
2.Umumx wanita hamil diatas 6bln kakix bengkak tp saya mlh tdk bengkak sm sekali cmn keliatanx saya agak kurusan, knp ya dok???
Terima kasih sebelumx....

Anonim 10 Oktober 2013 pukul 12.19  

dok
istri saya melahirkan anak pertama dengan caesar, kemudian kehamilan kedua melahirkan spontan, dan ari-arinya ternyata tidak keluar (lengket) tetapi kata bidannya karena pernah caesar...
kemudian ari-ari tersebut di ambil manual dengan menggunakan tangan oleh bidan, dan menurut istri saya, rasanya itu tidak bisa dibayangkan sakitnya...
efeknya, setiap mau buang air kecil katanya seperti mau jebol semua, sampai sekarang (sudah 1 tahun) masih saja terbayang rasa sakit itu, sehingga setiap kali diajak ML tidak pernah mau
pertanyaan saya , benarkah dibolehkan mengambil ari-ari secara manual seperti bidan itu...?

figi 18 Desember 2013 pukul 23.08  

Slamat malam dok, sy mo tny, sy skrg berusia 30 th belum menikah. sudah 3 bln ini masa menstruasi sy 10 hari lebih. stelah ny keluar flek coklat terus menerus smpai menstruasi berikutnya lagi. setiap mens suka sakit perut tapi hnya pada hari pertama saja. apakah ini flek tersebut berbahaya?apakah penyebab ny, dok? bagaimana cara mengatasinya?

Unknown 8 Januari 2014 pukul 11.27  

Ass.dok,saya gadis berusia 21th,saya mau konsultasi dok tentang masalah siklus haid saya yg lebih dari 7 hari dan terkadang muncul kmbali setelah bersih selang bbrp hari tp wrnaX coklat muda dan strukturnya menggumpal,hal in belum lama saya alami tp saya takut jika in adalah penyakit serius,,,apakah itu kelainan dok??mohon info dan sarannya,makasih

au ah gLap 24 Februari 2014 pukul 09.13  

pagi dok, saya mau bertanya mengenai kehamilan, saya tinggal bersama kakak perempuan saya yang baru menikah sekitar 3 bulan yg lalu, tp sampai saat ini kakak saya belum ada tanda" kehamilan, dan saya pun memelihara kucing dirumah, apa kucing faktor penyebab utamanya ? dan tanda" nya seperti apa jika ada faktor kucing sebagai penghambatnya ?, terimakasih dok ...

regards
kefin

Unknown 3 Mei 2014 pukul 11.00  

Halo dok, saya baru menikah tanggal 23 feb 2014, tgl 25 feb – 06 maret saya menstruasi. setelah itu sampai sekarang saya tidak lagi menstruasi karena memang siklus mens saya tidak teratur.. sudah beberapa hari ini perut saya kram dan pinggang saya nyeri .. apa yang terjadi ya dok?? penyakit atau hamil??? terima kasih infonya… ^_^

Artikel kesehatan di : http://www.tanyadok.com/sobat/ouyaruo/profile/edit/group/1/

Anonim 4 Juli 2014 pukul 15.06  

siang dok,
saya menikah 11 mei 2014, istri terakhir haid 7 mei 2014.. sampai tgl 7 bulan berikutnya istri belum haid. kebetulan siklus haid istri tdk teratur. sedikit aneh ketika istri sy sering mual dan nafsu makan bertambah, dia bukan orang suka ngemil tiba2 tiap malem ngemil.kira2 tgl 20 juni 2014 istri terjatuh dan keluar darah dari vagina, seperti haid tp hanya 1 hari. kami anggap biasa saja. tgl 29 juni 2014 kami keluar kota menggunakan motor, istri sy merasakan seperti haid dan darah yang keluar banyak seperti gumpal. selama 4 hari. apakah istri sy keguguran?

Anonim 24 November 2014 pukul 18.12  

Siang Dok, saya mau tanya, HPHT saya 29 sept, hari ini, 24 nov, saya USG transv dan trdapat kantung kehamilan tetapi bentuknya ireguler seperti angka 8. Dan usianya diperkirakan 5w3d. Apa itu wajar Dok? Apa bentuk angka 8 itu normal? Dan kalau dihitung dr HPHT, usia kandungan semestinya 8w. Bgmn Dok? Terimakasih Dok

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP