Tips Mengatasi Ngidam Pada Saat Kehamilan

>> Minggu, 30 Mei 2010

APA SEBENARNYA NGIDAM ITU?
Mengidam terjadi disebabkan oleh hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang dikeluarkan oleh indung telur. Hormon ini bertugas mempertahankan kehamilan dengan cara menghasilkan progesteron yang diperlukan saat hamil muda, sebelum plasenta dapat menghasilkan hormon. Namun pada saat usia kandungan memasuki usia 4 bulan atau 17 minggu, ngidam biasanya mereda bahkan hilang. Hal ini karena plasenta telah terbentuk dengan sempurna, sehingga indung telur tak perlu lagi memproduksi hormon hCG.


Kalau ibu hamil merasakan hal itu, cara mengatasinya bukan dengan obat, tetapi mengubah pola makan. Jika biasanya setiap hari hanya makan tiga kali, sekarang bisa sampai 10 kali sehari, tetapi setiap kali makan porsinya jangan terlalu besar. Prinsipnya porsi sedikit, tetapi sering makannya. sebaiknya ibu hamil mengurangi seminimal mungkin minum obat- obatan. Alasannya, "Banyak obat yang berbahaya bagi janin, terutama yang bisa membuat janin cacat. Jika ibu hamil merasa pusing, jangan minum obat sembarangan yang banyak dijual bebas.

Mengenai mengidam, perubahan perasaan, maupun keinginan yang "aneh" dan bisa muncul mendadak itu, kalau memungkinkan, sebaiknya dituruti saja. Dalam hal ini amat dibutuhkan pengertian dari sang suami."Sangat berat bagi seorang perempuan menjalani hari-hari kehamilannya. Dia butuh dukungan psikis dari lingkungannya agar tetap merasa nyaman.

BAGAIMANA CARA MENGATASI NGIDAM?
Asalkan jenis makanan yang dikonsumsi masih wajar jenis dan jumlahnya, serta tidak berdampak negatif bagi kehamilan, maka tak ada masalah. Namun cobalah untuk menyiasati agar keinginan mengidam tidak menyulitkan diri sendiri serta orang lain.

• Jika pada tengah malam Anda menginginkan makanan yang sulit didapat, cobalah mengatasinya dengan berkumur dengan cairan mouthwash. Percayalah, rasa cairan tersebut bisa “mengaburkan” keinginan untuk mengonsumsi sesuatu.
• Pilihlah makanan yang menyehatkan. Jika Anda sangat ingin makan es krim yang mengandung banyak gula, cobalah menggantinya dengan yogurt.
• Memperbanyak konsumsi air putih terbukti cukup ampuh untuk menahan keinginan terhadap makanan tertentu.
• Jangan melewatkan makan pagi. Sebab, perut kosong di pagi hari dapat membuat Anda ingin makan apa saja dan tanpa terkendali di siang hari.
• Usahakan agar jangan sampai mengidam membuat keseimbangan gizi si ibu terganggu. Misalnya, Anda hanya makan buah saja, tanpa mengonsumsi makanan lain.

TIPS MENGURANGI RASA MUAL DAN MUNTAH
• Usahakan perut selalu terisi, tapi jangan terlalu banyak. Perut kosong dapat memperparah rasa mual. Makan beberapa kali sehari dalam porsi kecil, lebih baik daripada makan tiga kali sehari dengan porsi besar.
• Untuk meringankan mual pagi hari, sebelum bangkit dari tempat tidur, isilah perut dengan sedikit makanan ringan. Tunggulah beberapa saat sampai makanan itu dicerna usus dengan baik, setelah itu baru bangun.
• Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.
• Usahakan lebih banyak mengkonsumsi protein, misalnya ikan. Hindari makanan yang bersantan atau berlemak, seperti goreng-gorengan.
• Hindari makanan yang bau atau rasanya membuat anda mual. Contohnya, jus jeruk, susu, kopi, dan teh.
• Jangan mengkonsumsi zat besi (Tablet Fe) dulu, karena dapat memperberat mual. Lagi pula tablet ini tidak diperlukan pada masa tiga bulan pertama kehamilan.
• Banyak istirahat, hindari stress dan kelelahan.
• Serbuk jahe dalam bentuk kapsul atau air jahe yang diminum secara teratur dapat meringankan mual muntah setelah beberapa hari. Begitu pula dengan vitamin B6.

Untuk ngidam yang ringan, perawatannya lebih baik dilakukan di rumah. Namun jika mual dan muntah sudah parah, anda sebaiknya pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

source: conectique.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP