Solusi Mudah Untuk Yang Malas Olahraga

>> Jumat, 28 Mei 2010

Semua orang mengetahui cukup bergerak dan berolahraga bermanfaat menjaga kesehatan serta kebugaran. Tetapi, berbagai alasan dilontarkan agar tidak berolahraga.

Kesibukan mengurus rumah tangga dan anak, sibuk bekerja, atau tidak memiliki banyak waktu adalah alasan umum untuk tidak berolahraga. Alasan yang paling sering dikatakan tiap orang seperti dikutip dari Shine, di antaranya:

1. "Pusat kebugaran membosankan dan terlalu jauh."
Ruang keluarga bisa Anda sulap sebagai tempat latihan selama 30 menit. Putar DVD latihan atau cari saluran televisi yang menawarkan gerakan olahraga. Selang-seling latihan olahraga dengan berbagai jenis senam seperti senam kardio, kickboxing, seni bela diri atau gerakan membakar kalori.

2. "Tidak punya waktu."
Sebelum melakukan kegiatan apapun atau berangkat ke kantor di pagi hari, sisihkan waktu memutar video latihan atau yoga olahraga selama 15-30 menit. Seorang dewasa harus melakukan 150 menit latihan dengan intensitas sedang-seminggu untuk membuat tubuhnya fit.

3. "Peralatan olahraga di rumah terlalu mahal."
Pemilik Layanan Kebugaran di Franklin Square, New York, Ken Grant, menyarankan agar dapat berolaharaga di rumah, Anda hanya perlu beberapa peralatan. Seperangkat band lateks, tali karet untuk lompat tali, dumbel 2-3 kg, dan bola stabilitas yang disesuaikan dengan berat tubuh.

4. "Saya tidak disiplin."
Jika Anda bukan seorang yang disiplin dan merasa membakar kalori didampingi pelatih pribadi belum perlu, sebaiknya ajak beberapa tetangga atau teman untuk saling mengingatkan jadwal olahraga. Atau, Anda bisa mendaftarkan diri di situs online  pelatih pribadi, freetrainers.com. Anda akan ditempatkan pada latihan kebugaran yang sesuai dengan tingkat latihan Anda.

5. "Saya butuh teman berolahraga."
Agar olahraga tidak membosankan dan Anda dapat bertemu dengan orang lain yang juga sedang berolahraga, sebaiknya luangkan waktu olahraga di tempat yang banyak dikunjungi orang lain. Ajak keluarga dan teman saat Anda jogging, bersepeda, yoga atau berenang.

6. "Aku benci berolahraga."
Kadangkala kita merasa olahraga tak memiliki manfaat dan lebih suka mencandu komputer atau permainan video. Ada cara agar Anda dapat bermain sekaligus menggerakkan tubuh dengan menggunakan Wii Fit Plus.
Gadget ini merupakan olahraga video game dari Nintendo berupa papan keseimbangan. Walaupun harganya cukup mahal, Wii konsol memiliki 60 jenis gerakan, dari hula hoop hingga latihan kekuatan. Bila menyukai olahraga yang lebih menantang, Anda bisa mencoba permainan ski slalom atau big top juggling. (umi)

Source:VIVAnews.com
Blog Editor: dr. Wahyu Triasmara

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP