Bahayakah Gigi berdarah Saat Gosok Gigi

>> Senin, 31 Mei 2010

http://img.m.kompas.com/data/photo/2009/11/17/1810426p.jpgPernahkah Anda mengalami pendarahan saat sedang menggosok gigi? Jika iya dan sering, perlu waspada. Gusi berdarah saat menggosok gigi bisa memicu gangguan kesehatan yang cukup serius.

Apalagi jika pendarahan dipicu infeksi bakteri. Terjadinya pendarahan bisa memicu masuknya bakteri ke aliran darah dan mengganggu kesehatan organ di dalam tubuh.

"Gusi yang terkena infeksi bakteri portal bisa memasuki aliran darah dan kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan hati dan organ lainnya," kata Steven Offenbacher, dari University of North Carolina di Chapel Hill Sekolah Kedokteran Gigi.

Kenali kondisi pendarahan dengan berkonsultasi dengan dokter. Jika pemicunya adalah infeksi bakteri, segeralah mengonsumsi antibiotik. Jangan biarkan pendarahan terjadi dalam waktu yang lama. 

Selain karang gigi dan plak, perdarahan gusi juga berhubungan dengan beberapa penyakit, antara lain kekurangan vitamin C dan kelainan darah. Kekurangan vitamin C terjadi pada orang yang tidak makan sayur atau buah dalam jangka waktu lama. Gusi pada penderita kekurangan vitamin C menjadi bengkak, berwarna keunguan dan terjadi perdarahan. Keadaan kekurangan vitamin C ini dinamakan Scurvy. Cara penanganannya adalah dengan memberikan vitamin C.

Kelainan darah yang biasanya berkaitan dengan perdarahan gusi adalah leukemia dan trombositopenia. Leukemia adalah keganasan sel darah putih sedangkan trombositopenia adalah kondisi di mana terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah. Pada penderita leukemia, gusi terinfiltrasi oleh sel-sel darah putih ganas. Secara klinis gusi tampak membesar. Karena pada leukemia umumnya juga terjadi trombositopenia maka gusi penderita leukemia juga mudah berdarah. 

Trombosit adalah salah satu elemen darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Apabila jumlahnya menurun sampai di bawah batas normal maka kemungkinan terjadi perdarahan lebih besar. Trombositopenia dapat merupakan penyakit yang berdiri sendiri atau bagian dari penyakit lain, misalnya demam berdarah. Jadi apabila didapati gusi berdarah disertai gejala-gejala lain seperti badan mudah lelah, demam, penurunan berat badan, berkeringat di waktu malam dan lain-lain sebaiknya segera datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagai pencegahan, bersihkan gigi hingga ke akarnya secara teratur. Minimal dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan pula tak ada sisa makanan yang tertinggal di lapisan gigi, karena daerah itu bisa menjadi tempat kuman berkumpul.

Kebiasaan menggunakan benang gigi atau dental floss setidaknya dua kali sehari juga sangat dianjurkan, gosoklah gigi secara benar dan dengan lembut jangan terlalu keras, jangan lupa juga melakukan kontrol kesehatan gigi ke dokter setiap enam bulan sekali. (pet)


source:vivanews.com+konsul dokter

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda

  © Free Blogger Templates Skyblue by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP